%A 1213051062 SALDI YULIAN %T UPAYA MENINGKATKAN KEBERANIAN DALAM PEMBELAJARAN RENANG MELALUI MODEL BERMAIN PADA SISWA KELAS III SD ISLAM TERPADU PERMATA BUNDA 1 BANDAR LAMPUNG %X ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk Upaya Meningkatkan Keberanian Dalam Pembelajaran Renang Melalui Model Bermain Pada Siswa Kelas III SD Islam Terpadu Permata Bunda 1 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Dengan menggunakan tiga siklus. Sedangkan subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Islam Terpadu Permata Bunda 1 Bandar Lampung yang berjumlah 30 terdiri dari 20 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan skala observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penilaian siklus pertama dengan penggunaan metode bermain berpasang-pasangan menarik temannya di air secara cepat diperoleh persentase keberhasilan ketuntasan belajar 33,3%. Pada siklus kedua dengan metode bermain mengangkat teman di bahu sambil cepat-cepatan menjatuhkan dengan pasangan teman yang lainnya diperoleh persentase keberhasilan ketuntasan 53,3%. Pada siklus ketiga dengan metode bermain melewati kedua kaki temannya di dalam air diperoleh persentase keberhasilan 76,6%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa pembelajaran renang khususnya materi upaya meningkatkan keberanian melalui model bermain dapat memperbaiki dan meningkatkan keberanian pada siswa kelas III SD Islam Terpadu Permata Bunda 1 Bandar Lampung. Kata kunci: Bermain, Keberanian, Renang. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints23248