TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints2325 UR - http://digilib.unila.ac.id/2325/ A1 - ALI YANTO, - Y1 - 2014/07/14/ N2 - ABSTRAK STUDI PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPAINING DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 GADINGREJO PADA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Oleh ALI YANTO Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tidak ada perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan tipe GI dan SFAE. 2) Ada perbedaan hasil belajar ekonomi siswa berkemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah. 3) Ada perbedaan hasil belajar ekonomi antarmodel pembelajaran dan antarkemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) siswa. 4) Tidak ada interaksi antara tipe GI dan SFAE antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah terhadap hasil belajar ekonomi. 5) Ada perbedaan efektivitas tipe GI dan SFAE. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan komparatif. Alat pengumpul data berupa tes pilihan ganda sebanyak 40 soal kepada 53 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tidak ada perbedaan hasil belajar ekonomi siswa menggunakan tipe GI dengan SFAE. 2) ada perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang memiliki kemampuan awal (tinggi, sedang dan rendah). 3) ada perbedaan hasil belajar ekonomi antarmodel dan antarkemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) siswa menggunakan tipe GI dan SFAE. (4) tidak ada interaksi antara tipe GI dengan SFAE dan antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah terhadap hasil belajar ekonomi. (5) ada perbedaan efektivitas antara tipe GI dengan SFAE. Kata kunci: GI,Hasil Belajar, Kemampuan Awal, SFAE PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - STUDI PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPAINING DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 GADINGREJO PADA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -