@misc{eprints23261, month = {Juli}, title = {PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KINERJA PESERTA DIDIK PADA PRAKTIKUM KENAIKAN TITIK DIDIH DAN PENURUNAN TITIK BEKU LARUTAN }, author = {1213023049 NUR HASANAH}, address = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, publisher = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/23261/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pendidik kimia yang merasa ke-sulitan dalam menilai kinerja peserta didik pada saat kegiatan praktikum. Pe?ne-litian ini bertujuan me?ngem?bangakan instrumen asesmen kinerja peserta didik pada praktikum kenaikan titik didih dan penurunan titik beku larutan yang mudah dipa-hami, mudah diterapkan oleh pendidik kimia dan sesuai dengan kompetensi dasar keterampilan (KD-4) kelas XII IPA, mendeskripsikan karakteris?tik dan tang?gap?an pendidik kimia ter?hadap instrumen asesmen kinerja. Metode yang di?gu?nakan ada-lah penelitian dan pengem?bangan (R\&D). Karakteristik instrumen asesmen kiner?ja ber?dasarkan tanggapan pendidik kimia adalah memiliki tingkat keterbacaan 93,75\%, tingkat konstruksi 96,875\% dan ting?kat keterpakaian pro?duk 87,5\% yang masing-masing termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa instrumen asesmen kinerja praktikum yang dikem?bangkan memiliki krite?ria yang sangat baik. Kata kunci: instrumen asesmen kinerja praktikum, pengembangan, kenaikan titik didih dan penurunan titik beku larutan } }