TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints23261 UR - http://digilib.unila.ac.id/23261/ A1 - NUR HASANAH, 1213023049 Y1 - 2016/07/28/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pendidik kimia yang merasa ke-sulitan dalam menilai kinerja peserta didik pada saat kegiatan praktikum. Pe¬ne-litian ini bertujuan me¬ngem¬bangakan instrumen asesmen kinerja peserta didik pada praktikum kenaikan titik didih dan penurunan titik beku larutan yang mudah dipa-hami, mudah diterapkan oleh pendidik kimia dan sesuai dengan kompetensi dasar keterampilan (KD-4) kelas XII IPA, mendeskripsikan karakteris¬tik dan tang¬gap¬an pendidik kimia ter¬hadap instrumen asesmen kinerja. Metode yang di¬gu¬nakan ada-lah penelitian dan pengem¬bangan (R&D). Karakteristik instrumen asesmen kiner¬ja ber¬dasarkan tanggapan pendidik kimia adalah memiliki tingkat keterbacaan 93,75%, tingkat konstruksi 96,875% dan ting¬kat keterpakaian pro¬duk 87,5% yang masing-masing termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa instrumen asesmen kinerja praktikum yang dikem¬bangkan memiliki krite¬ria yang sangat baik. Kata kunci: instrumen asesmen kinerja praktikum, pengembangan, kenaikan titik didih dan penurunan titik beku larutan PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KINERJA PESERTA DIDIK PADA PRAKTIKUM KENAIKAN TITIK DIDIH DAN PENURUNAN TITIK BEKU LARUTAN AV - restricted ER -