creators_name: FITRIA RAMADHANI, 1213053052 creators_id: fitri.dhani@rocketmail.com type: other datestamp: 2016-07-29 07:39:04 lastmod: 2016-07-29 07:39:04 metadata_visibility: show title: PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV A SD PERTIWI TELADAN METRO PUSAT ispublished: pub subjects: L1 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV A SD Pertiwi Teladan Metro Pusat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis, mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning melalui media realia. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian berbentuk siklus yang masing –masing siklus memiliki empat tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL melalui media realia dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dengan kategori “Sedang”, meningkat menjadi kategori “Sangat Tinggi”. . Kata kunci: contextual teaching and learning, media realia, hasil belajar date: 2016-07-14 date_type: published publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG place_of_pub: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN citation: FITRIA RAMADHANI, 1213053052 (2016) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV A SD PERTIWI TELADAN METRO PUSAT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. document_url: http://digilib.unila.ac.id/23265/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/23265/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/23265/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf