TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints2327 UR - http://digilib.unila.ac.id/2327/ A1 - Anggi Mutiara Putri, - Y1 - 2014/07/14/ N2 - ABSTRAK STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN MAKE A MATCH DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN ADVERSITAS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 METRO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Oleh Anggi Mutiara Putri Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahuikeefektivan model pembelajaran dengan memperhatikan kecerdasan adversitas siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Metro dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VII.2 dan VII.3 yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling.Teknik pengumpulan data tes hasil belajar dan juga angket untuk mengklasifikasikan kecerdasan adversitas siswa. Pengujian hipotesis pertama dan keempat menggunakan anava dua jalur dan T-Test dua sample independent untuk pengujian hipotesis kedua dan ketiga. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada perbedaan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu siswa antara yang diajar menggunakanmodel pembelajaran tipe Snowball Throwing dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran tipe Make a Match. 2)Hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran Make a Match bagi siswa yang memiliki kecerdasan adversitas tinggi. 3) Hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran Make a Match bagi siswa yang memiliki kecerdasan adversitas rendah. 4) Tidak terdapat interaksi antar model pembelajaran dengan kecerdasan adversitas siswa pada mata pelajaranIPS Terpadu. Kata kunci: Hasil Belajar, Kecerdasan adversitas, Model pembelajaran, Snowball Throwing, dan Make A Match. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN MAKE A MATCH DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN ADVERSITAS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 METRO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -