TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints2328 UR - http://digilib.unila.ac.id/2328/ A1 - ARDI TRI SAPUTRA, - Y1 - 2014/07/14/ N2 - ABSTRAK PENGARUH MOTIVASI DAN CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL MTS NEGERI PONCOWATI LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Oleh ARDI TRI SAPUTRA Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil MTs Negeri Poncowati Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII MTsN Poncowati Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Poncowati sebanyak empat kelas dengan jumlah keseluruhan 187 siswa. Menggunakan rumus T. Yamane dengan simple random sampling diperoleh sampel sebanyak 127 siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multipel. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII MTsN Poncowati sebesar 26,3%; (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan cara belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII MTsN Poncowati sebesar 24,3%; (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII MTsN Poncowati sebesar 46,9%. Kata kunci: Cara Belajar, Hasil Belajar IPS Terpadu dan Motivasi PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MOTIVASI DAN CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL MTS NEGERI PONCOWATI LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -