@misc{eprints23295, month = {Juli}, title = {PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PADA MATERI TEORI TUMBUKAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING }, author = {1213023020 DIRA AYU ANNISA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/23295/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan lembar kerja siswa pada materi teori tumbukan berbasis discovery learning yang di-kembang?kan. Metode penelitian yang digunakan adalah R\&D (Research and Development). Tahap pelaksanaan penelitian ini hanya sampai uji coba lapangan yang dilakukan di SMA Negeri 13 Bandar Lampung dengan siswa yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara, instrumen validasi ahli, angket, dan lembar observasi. LKS yang dikembangkan memiliki tahapan yang di?sesuai?kan dengan model discovery learning. Terdapat enam tahapan model discovery learning yakni stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, verifikasi, dan generalisasi. Berdasarkan hasil penilaian validator terhadap LKS hasil pengembangan pada aspek kesesuaian isi adalah berkriteria tinggi dan aspek konstruksi dan keterbacaan adalah berkriteria sangat tinggi, maka LKS hasil pengembangan dinyatakan valid. Tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan kemenarikan adalah berkriteria sangat tinggi; tanggapan siswa terhadap aspek keterbacaan dan kemenarikan adalah berkriteria sangat tinggi; tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan LKS hasil pengembangan adalah positif; dan hasil penilaian observer terhadap keterlaksanaan adalah berkriteria sangat tinggi, maka LKS hasil pengembangan dapat dinyatakan praktis. Kata kunci : lembar kerja siswa, discovery learning, teori tumbukan } }