@misc{eprints23296, month = {Juli}, title = {PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI TEORI TUMBUKAN}, author = {1213023040 LUSIA TIARA ARUMSARI }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/23296/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen keterampilan proses sains pada materi teori tumbukan. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian dan pengembangan Research and Development (R\&D) sampai tahap revisi produk dengan tujuan mendeskripsikan kelayakan instrument asesmen keterampilan proses sains pada materi teori tumbukan berupa soal uraian dengan memperhatikan reliabilitas, validitas, dan tingkat kesukaran. Produk ini mengukur keterampilan proses sains tingkat dasar yaitu mengamati, mengomunikasikan, memprediksi, dan menginferensi. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa instrumen asesmen ini dikatakan valid berdasarkan hasil validasi ahli terhadap aspek kesesuaian isi terhadap KI-KD sebesar 82,30\%, konstruk 88\%, dan keterbacaan 86,67\% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan tanggapan guru pada uji lapangan awal didapatkan hasil bahwa pada aspek kesesuaian isi sebesar 95,38\%, konstruk 88\%,dan keterbacaan 94,67\% dengan kategori sangat tinggi. Uji empiris menunjukkan asesmen memiliki nilai reliabilitas tinggi, tingkat kesukaran soal sedang, dan validitas butir tinggi. Sehingga iii Lusia Tiara Arumsari instrument asesmen keterampilan proses sains ini dapat dikatan baik dan layak digunakan. Kata kunci: Instrumen asesmen, keterampilan proses sains, teori tumbukan} }