title: PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) (Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 16 Bandar Lampung 2013/2014) creator: AYU WULANSARI, - subject: Theory of Knowledge/Teori Ilmu Pengetahuan description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPS Terpadu antara siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dan siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT). 2) efektivitas hasil belajar IPS Terpadu yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) lebih tinggi dibandingkan Number Heads Together (NHT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 208 siswa dengan sampel sebanyak 72 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Teknik pengambilan data dengan observasi, dokumentasi, dan teknik tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test dua sampel independen. Berdasarkan perhitungan t-test dengan menggunakan rumus separated varians terlihat bahwa thitung (7,152)> ttabel (1,997) berarti hipotesis penelitian diterima, yang menyatakan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi dibandingkan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. b) efektivitas hasil belajar IPS Terpadu yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan NHT. Hal ini ditunjukkan dengan 17,69 > 7,87. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2014-07-14 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2330/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2330/2/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2330/3/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2330/4/HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2330/5/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2330/6/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2330/7/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2330/8/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2330/9/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2330/10/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2330/11/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2330/12/DAFTAR%20GRAFIK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2330/13/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2330/14/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2330/15/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2330/16/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2330/17/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2330/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: AYU WULANSARI, - (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) (Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 16 Bandar Lampung 2013/2014). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/2330/