TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints23310 UR - http://digilib.unila.ac.id/23310/ A1 - DANI RASANZANI , 1213023012 Y1 - 2016/07/23/ N2 - Penilitan ini bertujuan mendeskripsikan validitas dan kepraktisan media animasi pada materi teori tumbukan yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), subyek penelitian yaitu media pembelajaran, berupa animasi. Berdasarkan hasil validasi ahli, pada aspek kesesuaian isi dan aspek kemenarikan diperoleh kategori tinggi. Kepraktisan diukur dari tanggapan guru, tanggapan siswa, dan keterlaksanaan media animasi pada materi teori tumbukan. Tanggapan guru terhadap kesesuaian isi dan kemenarikan dikategorikan sangat tinggi. Tanggapan siswa terhadap kemenarikan media animasi dikategorikan sangat tinggi. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan media animasi dikategorikan tinggi. Penilaian observer terhadap keterlaksanaan media animasi dalam pembelajaran dikategorikan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, media animasi hasil pengembangan dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Animasi, Media, Teori Tumbukan PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI TEORI TUMBUKAN AV - restricted ER -