@misc{eprints2333, month = {Juli}, title = {STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MODEL MAKE A MATCH (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014)}, author = {- EKA SUDERAJAT}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/2333/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran cooperative script dan model pembelajaran make a match dalam pencapaian hasil belajar IPS Terpadu pada siswa. Model pembelajaran cooperative script digunakan di kelas eksperimen dan model pembelajaran make a match pada kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 166 siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah sampel sebanyak 67 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan teknik tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test dua sampel independen dan rumus efektivitas. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh : (1)koefisien thitung (2,237) {\ensuremath{>}} ttabel (1,997) dengan signifikansi sebesar 0,029 {\ensuremath{<}} 0,05, dengan demikian ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan model cooperative script dengan model make a match. (2)efektivitas model pembelajaran cooperative script lebih besar dari model pembelajaran make a match yaitu (13,324 {\ensuremath{>}} 9,758), dengan demikian ada perbedaan efektivitas antara penggunaan model cooperative script dengan model make a match. Kata kunci: hasil belajar, model pembelajara} }