%A 1213021010 AZIS FAHRUL ULUM %T EFEKTIVITAS PROBLEM BASE LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS (Studi Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 14 Pesawaran Tahun pelajaran 2015/2016) %X Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Problem Base Learning ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Pesawaran tahun pelajaran 2015/ 2016 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIB dan VIIID yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Data kemampuan representasi siswa diperoleh dengan teknik tes berupa tes uraian. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Problem Base Learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa namun peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti Problem Base Learning lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvesional. Kata kunci: efektifitas, Problem Based Learning, representasi matematis. %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2016 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints23335