?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PENGGUNAAN+BAHAN+AJAR+LEAFLET+TERHADAP+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA%0D%0A(Studi+Kuasi+Eksperimen+pada+Siswa+Kelas+VIII+SMP+Muhammadiyah+1+Gadingrejo+Semester+Ganjil+Tahun+Pelajaran+2013%2F2014)&rft.creator=Amat+Taufik%2C+DESI+AMELIAWATI&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QH301+Biology&rft.description=Salah+satu+tolak+ukur+keberhasilan+suatu+pembelajaran+adalah+hasil+belajar+siswa.+Hasil+belajar+yang+baik+erat+kaitannya+dengan+aktivitas+belajar+yang+dilakukan+oleh+siswa+dan+bahan+ajar+yang+digunakan+oleh+guru.+Hasil+wawancara+dengan+guru+IPA+di+kelas+VIII+SMP+Muhammadiyah+1+Gadingrejo%2C+diketahui+bahwa+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+masih+rendah.+Hal+ini+dikarenakan+keterbatasan+bahan+ajar+yang+digunakan+guru.+Sehingga+diperlukan+suatu+bahan+ajar+yang+dapat+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa%2C+salah+satunya+dengan+menggunakan+bahan+ajar+leaflet.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+penggunaan+bahan+ajar+leaflet+terhadap+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa.%0D%0APenelitian+ini+merupakan+studi+kuasi+eksperimen+dengan+desain+pretes+postes+non+equivalen.+Sampel+penelitian+adalah+siswa+kelas+VIII1+dan+VIII5+yang+dipilih+dari+populasi+secara+purposive+sampling.+Data+penelitian+ini+berupa+data+kuantitatif+dan%0D%0Akualitatif.+Data+kuantitatif+diperoleh+dari+rata-rata+nilai+pretes%2C+postes%2C+dan+N-gain+yang+dianalisis+secara+statistik+menggunakan+uji-t+dan+uji+U+melalui+SPSS+versi+16.+Data+kualitatif+berupa+deskripsi+tanggapan+dan+aktivitas+belajar+siswa+yang+diperoleh+dari+hasil+observasi+pada+setiap+pertemuan.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+bahan+ajar+leaflet+dapat+meningkatkan+hasil+belajar+siswa+dengan+rata-rata+nilai+pretes+(36%2C94)%3B+postes+(72%2C22)%3B+dan+N-gain+(56%2C50).+Aktivitas+belajar+juga+mengalami+peningkatan+untuk+semua+aspek+yang+diamati+pada+kelas+eksperimen%2C+yaitu+aspek+mengemukakan+ide+(74%2C99%25)%3B+aspek+bertanya+(78%2C69)%3B+aspek+bekerja+sama+(berdiskusi)+dengan+anggota+kelompok+(85%2C79%25)%3B+dan+aspek+mempresentasikan+hasil+diskusi+kelompok+(73%2C45%25).+Selain+itu%2C+sebagian+besar+siswa+memberikan+tanggapan+positif+terhadap+penggunaan+bahan+ajar+leaflet.+Dengan+demikian%2C+pembelajaran+dengan+bantuan+bahan+ajar+leaflet+berpengaruh+secara+signifikan+terhadap+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+pada+materi+pokok+sistem+pencernaan+pada+manusia.%0D%0AKata+kunci%3A+aktivitas+belajar%2C+hasil+belajar%2C+leaflet%2C+sistem+pencernaan+manusia.%0D%0ADesi+Ameliawati&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2014-03-04&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2335%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2335%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2335%2F3%2FPERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2335%2F4%2FPENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2335%2F5%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2335%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2335%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2335%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2335%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2335%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2335%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2335%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Amat+Taufik%2C+DESI+AMELIAWATI++(2014)+PENGARUH+PENGGUNAAN+BAHAN+AJAR+LEAFLET+TERHADAP+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+SISWA+(Studi+Kuasi+Eksperimen+pada+Siswa+Kelas+VIII+SMP+Muhammadiyah+1+Gadingrejo+Semester+Ganjil+Tahun+Pelajaran+2013%2F2014).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2335%2F