@misc{eprints23355, month = {Juni}, title = {PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DALAM MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 GADINGREJO TAHUN AJARAN 2015/2016 }, author = {1213033007 Arum Arupi}, address = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, publisher = {UNIVERSITAS LAMPUNG }, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/23355/}, abstract = {Berdasarkan penelitian pendahuluan dalam proses pembelajaran kelas XI MIPA 3 di SMA Negeri 1 Gadingejo diketahui bahwa 15 dari 32 siswa aktivitas belajar dalam kategori kurang dengan persentase 78,125\%. Tidak jauh berbeda, hasil belajar kognitif siswa tidak ada yang mampu mencapai KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) yang menuntut siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan diharapkan berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan aktivitas belajar dalam model pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI di SMA Negeri 1 Gadingrejo Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan aktivitas belajar dalam model pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI di SMA Negeri 1 Gadingrejo Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan dengan menghitung persamaan regresi yaitu Y = 30,24 + 0,74X, rumus korelasi pearson dan Uji-t untuk mengetahui signifikan pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan aktivitas belajar dalam model pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) terhadap hasil belajar kognitif siswa, ini dapat dilihat dari hasil analisis Uji-t yang diperoleh peneliti yaitu thitung = 6,45 {\ensuremath{>}} t0,05 = 1,69 dan nilai (r) yaitu 0,76 dengan koefesien korelasi tinggi atau kuat. Dari penelitian ini dapat disimpulkan ada pengaruh positif dan signifikan aktivitas belajar dalam model pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI di SMA Negeri 1 Gadingrejo Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci: aktivitas belajar, model pembelajaran bermain peran, hasil belajar } }