?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH++AKTIVITAS++BELAJAR++DALAM++MODEL+PEMBELAJARAN+BERMAIN+PERAN+(ROLE+PLAYING)+%0D%0ATERHADAP++HASIL+BELAJAR++KOGNITIF++SISWA%0D%0AKELAS+XI+PADA+MATA+PELAJARAN+SEJARAH+%0D%0ADI+SMA+NEGERI+1+GADINGREJO%0D%0ATAHUN+AJARAN+2015%2F2016%0D%0A&rft.creator=Arum+Arupi%2C+1213033007&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.description=Berdasarkan+penelitian+pendahuluan+dalam+proses+pembelajaran+kelas+XI+MIPA+3+di+SMA+Negeri+1+Gadingejo+diketahui+bahwa+15+dari+32+siswa+aktivitas+belajar+dalam+kategori+kurang+dengan+persentase+78%2C125%25.+Tidak+jauh+berbeda%2C+hasil+belajar+kognitif+siswa+tidak+ada+yang+mampu+mencapai+KKM.+Untuk+mengatasi+permasalahan+tersebut%2C+peneliti+menggunakan+Model+Pembelajaran+Bermain+Peran+(Role+Playing)+yang+menuntut+siswa+untuk+aktif+dalam+pembelajaran+dan+diharapkan+berpengaruh+terhadap+hasil+belajar+kognitif+siswa.+Rumusan+masalah+dalam+penelitian+ini+ialah+apakah+ada+pengaruh+yang+positif+dan+signifikan+aktivitas+belajar+dalam+model+pembelajaran+Bermain+Peran+(Role+Playing)+terhadap+hasil+belajar+kognitif+siswa+pada+mata+pelajaran+sejarah+kelas+XI+di+SMA+Negeri+1+Gadingrejo+Tahun+Ajaran+2015%2F2016.+Tujuan+penelitian+ini+adalah+untuk+mengetahui+pengaruh+positif+dan+signifikan+aktivitas+belajar+dalam+model+pembelajaran+Bermain+Peran+(Role+Playing)+terhadap+hasil+belajar+kognitif+siswa+pada+mata+pelajaran+sejarah+kelas+XI+di+SMA+Negeri+1+Gadingrejo+Tahun+Ajaran+2015%2F2016.%0D%0A%0D%0ATeknik+analisis+data+dalam+penelitian+ini+adalah+analisis+data+kuantitatif+dengan+dengan+menghitung+persamaan+regresi+yaitu+Y+%3D+30%2C24+%2B+0%2C74X%2C+rumus+korelasi+pearson+dan+Uji-t+untuk+mengetahui+signifikan+pengaruh.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+ada+pengaruh+yang+positif+dan+signifikan+aktivitas+belajar+dalam+model+pembelajaran+Bermain+Peran+(Role+Playing)+terhadap+hasil+belajar+kognitif+siswa%2C+ini+dapat+dilihat+dari+hasil+analisis+Uji-t+yang+diperoleh+peneliti+yaitu+thitung+%3D+6%2C45+%3E+t0%2C05+%3D+1%2C69+dan+nilai+(r)+yaitu+0%2C76+dengan+koefesien+korelasi+tinggi+atau+kuat.+Dari+penelitian+ini+dapat+disimpulkan+ada+pengaruh+positif+dan+signifikan+aktivitas+belajar+dalam+model+pembelajaran+Bermain+Peran+(Role+Playing)+terhadap+hasil+belajar+kognitif+siswa+pada+mata+pelajaran+sejarah+kelas+XI+di+SMA+Negeri+1+Gadingrejo+Tahun+Ajaran+2015%2F2016.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+aktivitas+belajar%2C+model+pembelajaran+bermain+peran%2C+hasil+belajar%0D%0A&rft.publisher=UNIVERSITAS+LAMPUNG+&rft.date=2016-06-21&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F23355%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F23355%2F20%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F23355%2F19%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Arum+Arupi%2C+1213033007++(2016)+PENGARUH+AKTIVITAS+BELAJAR+DALAM+MODEL+PEMBELAJARAN+BERMAIN+PERAN+(ROLE+PLAYING)+TERHADAP+HASIL+BELAJAR+KOGNITIF+SISWA+KELAS+XI+PADA+MATA+PELAJARAN+SEJARAH+DI+SMA+NEGERI+1+GADINGREJO+TAHUN+AJARAN+2015%2F2016.++UNIVERSITAS+LAMPUNG+%2C+FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN+.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F23355%2F