creators_name: NUR TRI SETIAWATI, (1213053083) creators_id: nurtriunila@ymail.com type: other datestamp: 2016-08-11 06:56:25 lastmod: 2016-08-11 06:56:25 metadata_visibility: show title: PENGARUH POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I SINDANG SARI KECAMATAN KOTABUMI KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 ispublished: pub subjects: LB subjects: QA full_text_status: restricted abstract: Masalah penelitian ini adalah kemampuan matematika siswa yang masih rendah, bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Positif Reinforcement terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 1 Sindang sari Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah metode Quasi eksperimental desain, dengan desain Pos Test Only Control Grup Design. Penelitian di laksanakan di SDN 1 Sindang sari Kec. Kotabumi Kab. Lampung Utara dengan teknik pengambilan sampel secara sampel random sampling dan pemilihan kelas dilakukan secara random, dan didapatkan siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 20 siswa. Instrumen hasil belajar berupa tes berbentuk pilihan ganda yang telah di uji validitas dan realibilitasnya.Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar matematika yang diajarkan dengan menggunakan Positive Reinforcement lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar matematika yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran Konvensional (pembelajaran biasa). Analisis data menggunakan uji-t pada perhitungan secara manual, sebelum dilakukan uji hipotesis dilakukan uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas menggunakan uji Fisher.Uji Hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan thitung 2,694 dan nilai ttabel 2,086 dengan signifikan 0,05. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan Positive Reinforcement lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Kata kunci: Positive Reinforcement, Belajar Matematika date: 2016-06-29 date_type: published publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG place_of_pub: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN citation: NUR TRI SETIAWATI, (1213053083) (2016) PENGARUH POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I SINDANG SARI KECAMATAN KOTABUMI KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. document_url: http://digilib.unila.ac.id/23380/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/23380/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/23380/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf