TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints23381 UR - http://digilib.unila.ac.id/23381/ A1 - Dina Nurhidayati, 1213053034 Y1 - 2016/07/13/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Poncowati dengan persentase ketuntasan per kelas kurang dari 75%. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan realistic mathematics educational pada pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes. Alat pengumpulan data berupa soal berbentuk pilihan jamak sebanyak 11 soal yang sebelumnya telah dianalisis dengan uji validitas dan reliabilitas. Adapun teknik analisis data yang digunakan berupa kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 71,38 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 64,80. Dari pengujian hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,025 dimana 0,025 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematics Educational pada pembelajaran matematika memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: pendekatan realistic mathematics educational, matematika, hasil belajar. PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATIONAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 PONCOWATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -