@misc{eprints23382, month = {Juni}, title = {PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV A SD NEGERI 2 SIMPANG AGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016}, author = {1213053122 WIWIN KUSWANTI}, address = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, publisher = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/23382/}, abstract = {Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas IVA SD Negeri 2 Simpang Agung. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem posing. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan tes. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dengan persentase aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 60,71\% katagori ?cukup aktif? dan siklus II sebesar 85,71\% katagori ?sangat aktif?. Hasil belajar kognitif persentase siswa tuntas siklus I sebesar 57,14\% katagori ?cukup baik? dan siklus II sebesar 85,71\% katagori ?sangat baik?. Hasil belajar afektif dengan persentase siswa baik siklus I sebesar 57,14\% katagori ?cukup baik? dan siklus II sebesar 85,71\% katagori ?sangat baik?. Hasil belajar psikomotor dengan persentase siswa terampil siklus I sebesar 64,29\% katagori ?cukup terampil? dan siklus II sebesar 89,29\% katagori ?sangat terampil?. Kata kunci: model pembelajaran problem posing, aktivitas, hasil belajar} }