%0 Generic %A ENDAH KUSUMA WARDANI , 1113052016 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:23394 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENINGKATAN PEMAHAMAN SEKOLAH LANJUTAN DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI MTS MA’ARIF 02 KOTAGAJAH TAHUN AJARAN 2015/2016 %U http://digilib.unila.ac.id/23394/ %X ABSTRAK Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman sekolah lanjutan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas IX di MTs Ma’arif 02 Kotagajah tahun pelajaran 2015/2016. Masalah dalam penelitian ini adalah pemahaman sekolah lanjutan siswa . Permasalahan dalam penelitian adalah “apakah pemahaman sekolah lanjutan siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok”. Metode yang di gunakan adalah quasi eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian sebanyak 13 siswa kelas IX di MTs Ma’arif 02 Kotagajah, yang memiliki pemahaman sekolah lanjutan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pemahaman sekolah lanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman sekolah lanjutan siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok, hal ini ditunjukkan hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest pemahaman sekolah lanjutan yang diperoleh zhitung = -3,181 < z tabel = 0 maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pemahaman sekolah lanjutan dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas IX MTs Ma’arif 02 Kotagajah tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: Pemahaman, Bimbingan Kelompok, Sekolah Lanjutan.