%0 Generic %A Mahad, DHITA MITA ANGGRA OVIKA %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:234 %I Fakultas KIP %T PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGENDALIKAN VARIABEL DAN MENDEFINISIKAN VARIABEL SECARA OPERASIONAL %U http://digilib.unila.ac.id/234/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran learning cycle exploration, explanation, elaboration (LC 3E) pada materi asam basa dalam me-ningkatkan keterampilan mengendalikan variabel dan mendefinisikan variabel se-cara operasional. Metode penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest-Postest) Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Way Jepara semester genap ta-hun 2012-2013 dengan kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 sebagai sampel. Hasil pene-litian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan megendalikan variabel untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,15 dan 0,47; dan rerata n-Gain ke-terampilan medefinisikan variabel secara operasional untuk kelas kontrol dan eks-perimen masing-masing 0,23 dan 0,50. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata, maka disimpulkan bahwa model pem-belajaran LC 3E dapat meningkatkan keterampilan mengendalikan variabel dan mendefinisikan variabel secara operasional. Kata kunci : Learning Cycle 3E, mengendalikan variabel, mendefinisikan variabel secara operasional