title: PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 03 TULANG BAWANG TENGAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016 creator: NOVITA DEWI INDRIANA SARI, 1213052025 subject: L Education (General) = Pendidikan description: Masalah penelitian ini adalah kecerdasan emosional siswa. Permasalahan penelitian adalah “Apakah kecerdasan emosional dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kecerdasan emosional melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tulang Bawang Tengah tahun ajaran 2015/2016 atau tidak. Metode penelitian ini adalah metode quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian sebanyak 14 siswa yang terbagi menjadi 7 siswa kelompok eksperimen dan 7 siswa kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala kecerdasan emosi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kecerdasan emosional siswa setelah diberi layanan bimbingan kelompok, yang ditunjukkan hasil uji wilcoxon pretest dan postest kecerdasan emosional pada kelompok eksperien yaitu Z hitung -2,371 > Z tabel -1,890, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah terdapat peningkatan kecerdasan emosional yang berarti pada kelopok eksperimen setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tulang Bawang Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG date: 2016-06-21 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/23402/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/23402/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/23402/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: NOVITA DEWI INDRIANA SARI, 1213052025 (2016) PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 03 TULANG BAWANG TENGAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. relation: http://digilib.unila.ac.id/23402/