%A (1213053098) RINDI NURFITRIA TSANI %T PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 1 MARGOSARI PRINGSEWU %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Margosari pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis, mendeskripsikan, dan mengetahui peningkatam aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan soal tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh katagori ?Cukup aktif? dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi katagori ?Aktif?. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh katagori ?Baik? dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi katagori ?Sangat baik?. Kata kunci : model problem based learning, aktivitas belajar, hasil belajar. %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2016 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints23406