@misc{eprints23407, month = {Juli}, title = {PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 06 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016}, author = {1213053053 FRANSISKA ALPERA}, address = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, publisher = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/23407/}, abstract = {Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 06 Metro Barat yang menunjukkan bahwa 17 siswa (65,38\%) belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 65. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis, mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe numbered head together menggunakan media grafis. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe numbered head together menggunakan media grafis pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 64,68 dan meningkat sebesar 9,85 menjadi 75,53 pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I 61,53\% (kategori cukup baik) dan meningkat menjadi 84,46\% (kategori sangat baik) pada siklus II. Kata kunci: numbered head together, media grafis, hasil belajar, IPS.} }