%A 1113254008 MISLAHUSNIKA %T UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG HURUF MELALUI PERMAINAN POHON HURUF DI PAUD TERATAI BANDAR LAMPUNG TAHUN 2016 %X Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan mengenal lambang huruf yang belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf melalui permainan pohon huruf pada anak usia dini Kelompok A PAUD Teratai Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus yang setiap siklusnya ada dua kali pertemuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, data dianalisis secara diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa permainan pohon huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf pada anak usia dini. Peningkatan mengenal lambang huruf ini terlihat dari rata-rata peningkatan pada siklus I yang semula hanya 37,50 persen meningkat menjadi 61,50 persen pada siklus II dan pada siklus III meningkat menjadi 84,50 persen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan permainan pohon huruf mampu meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf pada anak usia dini. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Lambang Huruf, Pohon Huruf %C Universitas Lampung %D 2016 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints23409