TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints23410 UR - http://digilib.unila.ac.id/23410/ A1 - SUGI NURHAYATI , 1413093044 Y1 - 2016/06/17/ N2 - ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini aktivitas dan hasil belajar di kelas IV SDN 4 Sungai langka, diperoleh bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran banyak yang belum mencapai KKM, yaitu ?60. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada ujian tengah semester ganjil TP. 2015/2016 yaitu 43,3% dari 30 siswa. Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran cooperative learningtipe Student Team Achievement Division. Metode penelitian adalah Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data adalah dengan lembar observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran cooperative learning tipeStudent Team Achievement Division dari siklus I ke siklus II. peningkatan keaktifan klasikal siswa siklus I sebesar 54,47 dengan persentase jumlah siswa aktif 38,5% (kurang aktif), dan siklus II sebesar 71,79 dengan persentase jumlah siswa aktif 71,65% (aktif). Sementara ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66,67% dengan nilai rata-rata 68,67 dan siklus II sebesar 86,67% dengan nilai rata-rata 77,46. Kata kunci : cooperative learning, aktivitas, hasil belajar. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION SISWA KELAS IV SDN 4 SUNGAI LANGKA GEDONG TATAAN PESAWARAN AV - restricted ER -