creators_name: Suwarjan, DEWI CITRA HANDAYANI type: other datestamp: 2014-07-16 05:12:59 lastmod: 2014-07-16 05:12:59 metadata_visibility: show title: PENGARUH BAHAN AJAR MODUL REMEDIAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA (Studi Eksperimental pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Terbanggi Besar Kab. Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014) ispublished: pub subjects: LB subjects: QH301 full_text_status: restricted abstract: Hasil observasi di kelas VIII SMP Negeri 2 Terbanggi Besar diketahui bahwa hasil belajar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Oleh karena itu, perlu diberikan perbaikan berupa remedial. Pemberian remedial selama ini hanya dengan cara menugaskan siswa mempelajari kembali materi yang telah disampaikan sebelumnya tanpa bantuan bahan ajar lainnya. Salah satunya dengan memberikan bahan ajar berupa Modul Remedial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar Modul Remedial terhadap pencapaian KKM siswa. Penelitian ini merupakan eksperimental semu dengan desain kelompok kontrol ekivalen. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang mengalami remedial dan dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data Dewi Citra Handayani iii kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest dan gain pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia kemudian dianalisis dengan uji U dengan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa angket tanggapan siswa terhadap penggunaan bahan ajar Modul Remedial, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar Modul Remedial dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai pretest (35,38); posttest (73,42); dan gain (0,59). Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C1, C2, dan C4) dengan rata-rata gain berkriteria sedang (0,47) untuk indikator kognitif C1; indikator kognitif tingkat C2 memiliki kriteria sedang (0,58); dan indikator kognitif C4 memiliki kriteria tinggi (0,71). Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan bahan ajar Modul Remedial. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar Modul Remedial berpengaruh dalam meningkatkan KKM siswa pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Kata kunci : hasil belajar kognitif siswa, modul remedial, sistem peredaran darah manusia date: 2014-09-15 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG related_url_type: pub citation: Suwarjan, DEWI CITRA HANDAYANI (2014) PENGARUH BAHAN AJAR MODUL REMEDIAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA (Studi Eksperimental pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Terbanggi Besar Kab. Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/2342/1/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2342/2/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2342/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2342/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2342/5/PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2342/6/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2342/7/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2342/8/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2342/9/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2342/10/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2342/11/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2342/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf