%A DWI FEBRI HIDAYATI Saher Amrullah %T PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK ORGANISASI KEHIDUPAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Iman Sekincau Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013) %X Hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran IPA yang mengajar di kelas VII MTs Nurul Iman Sekincau menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti mengenai penerapan model PBL sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIb dan VIIc yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan skor gain menggunakan uji U pada taraf signifikansi 5% melalui program SPSS versi 17. Dwi Febri Hidayati iii Data kualitatif berupa deskripsi hasil belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model PBL yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa model PBL berpengaruh terhadap penguasaan materi siswa tetapi tidak signifikan. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata pretes pada kelas eksperimen yaitu 7,64 ; rata-rata postes yaitu 47; dan N-gain sebesar 39,35. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model PBL. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan penguasaan materi siswa tapi tidak secara signifikan pada materi pokok organisasi kehidupan. Kata kunci : Organisasi Kehidupan, Penguasan Materi, Project Based Learning (PBL). %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints2343