@mastersthesis{eprints23430, month = {Mei}, title = {IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG }, school = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, author = {1023031045 RANO ADITAMA}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/23430/}, abstract = {Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) aktivitas belajar siswa (2) pelaksanaan pembelajaran metode inkuiri dan (3) prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 3 siklus untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Alat pengumpul data antara lain observasi, dokumentasi foto dan tes hal tersebut dilakukan sebagai dasar untuk menginterpretasi hasil penelitian di setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan (1) aktivitas belajar, (2) Pelaksanaan pembelajaran metode inkuiri dan (3) prestasi belajar siswa. Pada siklus 1, aktivitas belajar siswa mencapai 45,5\% dan dari 9 indikator aktivitas belajar baru tercapai 3 indikator dan 6 indikator belum tercapai, pelaksanaan pembelajaran mencapai 87\% dengan kategori baik, dan siswa yang tuntas belajar mencapai 47,4\% dari jumlah siswa. Pada siklus 2 aktivitas belajar siswa mencapai 86\% dan dari 9 indikator aktivitas belajar sudah tercapai 7 indikator dan 2 indikator belum tercapai, pelaksanaan pembelajaran mencapai 95\% dengan kategori sangat baik, dan siswa yang tuntas belajar mencapai 74\% dari jumlah siswa. Pada siklus 3, aktivitas belajar siswa mencapai 100\% dan dari 9 indikator aktivitas belajar sudah tercapai secara keseluruhan, pelaksanaan pembelajaran mencapai 97\% dengan kategori sangat baik dan siswa yang tuntas belajar mencapai 97\% dari jumlah siswa. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar dan Metode Pembelajaran Inkuri. ABSTRAK INGGRIS This classroom action research aims to describe (1) the students' learning activities (2) the implementation of inquiry method of learning and (3) student achievement. The method used is classroom action research conducted with 3 cycles of activity and to improve student achievement. Data collection tool such as observation, photo documentation and tests it conducted as a basis for interpreting the results of research in each cycle. The results of this study showed an increase in (1) learning activities, (2) The inquiry method of learning and (3) student achievement. In cycle 1, students' learning activities reached 45.5\% and from 9 new learning activity indicator reached 3 indicators and 6 indicators have not been achieved, the implementation of learning reached 87\% with both categories, and students who pass the study reached 47.4\% of the total number of students so it is not in accordance with the completeness criteria class. In the second cycle of learning activities of students achieving 86\% and 9 indicators of learning activity has achieved 7 indicators and two indicators have not been achieved, the implementation of learning reaches 95\% with very good category, and students who pass the study reached 74\% of the number of students that have not been in accordance with the completeness criteria class. In cycle 3, the learning activities of students reached 100\% of the 9 indicators and learning activities have been achieved as a whole, the implementation of learning reached 97\% with very good category and students who pass the study reached 97\% of the number of students that are in accordance with the completeness criteria class. Keywords: Learning activities, learning achievement and metode of learning to inquiry } }