@misc{eprints23435, month = {Juli}, title = {HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI SE-KECAMATAN METRO PUSAT KOTA METRO TAHUN AJARAN 2015/2016 }, author = { (1213024069) SYAFFIRA ROZZA PRIMADINA}, address = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, publisher = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/23435/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara cara belajar dengan prestasi belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi cara belajar siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Metro Pusat Kota Metro. Desain penelitian ini berupa desain deskriptif studi korelasional dan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Data kuantitatif dalam penelitian ini berupa skor hasil tes tertulis siswa pada aspek kognitif pada mata pelajaran IPA. Data kualitatif berupa cara belajar siswa dalam pembelajaran IPA berdasarkan angket cara belajar siswa dan angket faktor belajar siswa. Analisis data melalui aplikasi SPSS 17 dengan uji linearitas, uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, analisis Korelasi Pearson Product Moment, analisis deskriptif responden silang dan deskripsi data. Hasil penelitian menunjukkan 57.96\% siswa menggunakan cara belajar dengan mendengar, sedangkan 1.50\% siswa menggunakan cara belajar dengan melihat. Selain itu, prestasi belajar tertinggi diperoleh dari cara belajar yaitu melakukan dengan nilai rata-rata prestasinya 60.00, sedangkan nilai prestasi terendah diperoleh dari cara belajar yaitu membaca dengan nilai rata-rata prestasi 49.96. Hasil analisis korelasi diperoleh bahwa hubungan signifikan yang lemah antara belajar dan prestasi belajar (rhitung= 0,527 {\ensuremath{>}} rtabel=0,107) serta hubungan yang sedang antara faktor belajar dan cara belajar siswa (rhitung=0,282 {\ensuremath{>}} rtabel=0,107). Dengan demikian, terdapat korelasi cara belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Kata kunci: cara belajar, faktor belajar, prestasi belajar } }