%A 1213041074 RIAN ANGGARA %T TINDAK TUTUR DALAM PIDATO BUNG TOMO DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA %X Rumusan masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tindak tutur dalam pidato Bung Tomo dan bagaimanakah implikasi tindak tutur dalam pidato Bung Tomo pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur dalam pidato Bung Tomo dan mendeskripsikan implikasi tindak tutur dalam pidato Bung Tomo pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek yang terlibat ke dalam penelitian ini adalah teks pidato Bung Tomo, sedangkan objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah tindak tutur dalam pidato Bung Tomo dan implikasi tindak tutur dalam pidato Bung Tomo pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tindak tutur langsung literal, tindak tutur langsung tidak literal, tindak tutur tidak langsung literal, dan tindak tutur tidak langsung tidak literal. Selain itu, implikasi tindak tutur dalam pidato Bung Tomo pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat diimplikasikan oleh guru dari semua temuan tindak tutur dalam pidato Bung Tomo ketika mereka sedang mengikuti semua rangkaian kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia. Guru dapat menerapkan temuan ini ke dalam kegiatan pembelajaran kurikulum KTSP 2006 untuk tingkat SMA kelas XII semester II, pada Kompetensi Dasar (KD) 10.2 berpidato tanpa teks dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat. Kata kunci: pidato Bung Tomo, tuturan, tindak tutur. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints23437