@mastersthesis{eprints23453, month = {Agustus}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN VCT DAN CIRC UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DENGAN MEMPERHATIKAN POLA ASUH ORANG TUA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG}, school = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = { 1423031015 DUWI FEBRILIA}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/23453/}, abstract = {ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan keterampilan sosial siswa pada pembelajaran yang menggunakan model VCT dan model CIRC dengan memperhatikan pola asuh orang tua. Sampel diambil 2 kelas yaitu VII/A sebagai kelas eksperimen dan VII/B sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yaitu model VCT untuk kelas eksperimen dan model CIRC untuk kelas kontrol. Analisis data menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Kesimpulan penelitian : (1) terdapat perbedaan peningkatan keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model VCT dengan model pembelajarn CIRC (2) keterampilan sosial siswa yang pola asuh orang tua demokratis lebih baik dibandingkan pola asuh orang tua permisif (3) tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan pola asuh orang tua terhadap keterampilan sosial siswa (4) keterampilan sosial antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model VCT lebih baik dari model CIRC pada pola asuh orang tua demokratis (5) keterampilan sosial antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model CIRC lebih baik dari model VCT pada pola asuh orang tua permisif (6) keterampilan sosial siswa pada pola asuh orang tua demokratis lebih baik daripada pola asuh orang tua permisif pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model VCT (7) keterampilan sosial siswa pada pola asuh orang tua demokratis lebih baik daripada pola asuh orang tua permisif pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model CIRC. Kata kunci : Keterampilan Sosial, Model Pembelajaran VCT, Model Pembelajaran CIRC, Pola Asuh Orang Tua ABSTRACT The purpose of this study to determine differences in social skills of students in learning using VCT models and models CIRC with respect to patterns of parenting. Samples were taken two classes of VII/A as an experimental class and VII/B as a control class. The method used is experimental research that VCT models for classroom experiments and models CIRC to control class. Analysis of data using two-way analysis of variance and t-test of two independent samples. Pelitian conclusions: (1) there is a difference in improvement of social skills of students who pembelajarnnya using VCT models with models pembelajarn CIRC (2) social skills students whose parents' parenting democratic better than permissive parenting parents (3) there is no interaction effect between learning model parenting parents on students' social skills (4) social skills among students whose learning using VCT models better than the model CIRC on democratic parenting parents (5) social skills among students whose learning using CIRC models better than the model VCT on permissive parenting parents (6) social skills of students in democratic parenting parents better than permissive parenting parents on student learning using VCT models (7) social skills of students in democratic parenting parents better than permissive parenting parents on student learning using the model CIRC. Keyword : Social Skills, Model of Learning to VCT, Model of Learning to CIRC, Parenting Parents} }