@misc{eprints2346, month = {September}, title = {PENGARUH MEDIA VIDEO DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI POKOK GERAK PADA TUMBUHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Jati Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014)}, author = {ERA OKTARIANI YUNINGSIH Sutan}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/2346/}, abstract = {Hasil observasi di kelas VIII SMP Negeri 2 Jati Agung Lampung Selatan, diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, dengan menggunakan media video dengan model Kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media video dengan model pembelajaran STAD terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimental dengan desain pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIa dan VIIIc yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan gain yang dianalisis menggunakan uji t dan uji U. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan tanggapan siswa diperoleh dari lembar observasi siswa terhadap penggunaan media video dengan model Kooperatif Tipe STAD yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video dengan model Kooperatif Tipe STAD berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa terjadi dalam semua aspek. Pada aspek mengajukan pertanyaan (82,8\%), mengajukan ide (74,19\%), melakukan diskusi (83,87\%), bekerja sama (89,25\%), dan menjawab pertanyaan (84,95\%). Hasil belajar juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretes (54,62), postes (79,37), gain (0,54). Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C1) dengan rata-rata gain (0,54). Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media video. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video dengan model STAD berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : aktivitas belajar, gerak tumbuhan, hasil belajar, media video, STAD. Era Oktariani Yuningsih} }