%0 Generic %A RIKE KARTIKA SARI , 1213053097 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:23469 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VA SD NEGERI 1 SIDODADI %U http://digilib.unila.ac.id/23469/ %X Masalah dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VA SD Negeri 1 Sidodadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika menggunakan model problem posing. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model problem posing pada pembelajaran matematika di kelas VA SD Negeri 1 Sidodadi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar afektif siklus I dengan kategori cukup baik pada siklus II menjadi kategori sangat baik. Persentase hasil belajar psikomotor siklus I dengan kategori terampil pada siklus II menjadi kategori sangat terampil. Persentase hasil belajar kognitif siklus I dengan kategori cukup baik pada siklus II menjadi kategori sangat baik. Kata kunci: hasil belajar, matematika, model problem posing