TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints23476 UR - http://digilib.unila.ac.id/23476/ A1 - Catur Imam Priatmoko, 1213021012 Y1 - 2016/08/05/ N2 - Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan pemahaman konsep matematis siswa setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Desain penelitian ini adalah pre-test-post-test control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 21 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 dengan sampel siswa kelas VIII-A dan VIII-C yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data pemahaman konsep matematis siswa diperoleh melalui tes uraian. Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh bahwa pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together tidak berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: konvensional, Numbered Heads Together, pemahaman konsep matematis PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016) AV - restricted ER -