%0 Generic %A SITI MASYIROH , 1213031084 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:23478 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE DAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SENDANG AGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 %U http://digilib.unila.ac.id/23478/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have dan Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Kedua model diterapkan pada kelas yang berbeda. Model Two Stay Two Stray pada kelas eksperimen yaitu kelas XI IPS 1 dan model Question Student Have pada kelas kontrol yaitu kelas XI IPS 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian berjumlah 73 orang siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sendang Agung, Lampung Tengah pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah sampel sebanyak 48 orang siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis varian dan t-tes. Hasil penelitian menunjukan (1) pada hipotesis pertama menggunakan teknik analisis varian dua jalan diperoleh Fhitung 9,637 dan Ftabel 2,911 menunjukan bahwa Fhitung > Ftabel maka hipotesis diterima, (2) pada pengujian hipotesis kedua menggunakan teknik t-tes dua sampel independen diperoleh thitung 2,245 ttabel 2,080 menunjukan bahwa thitung > ttabel maka hipotesis diterima, (3) pada pengujian hipotesis ketiga menggunakan teknik t-tes dua sampel independen diperoleh thitung -2,133 dan ttabel 2,10 menunjukan bahwa thitung < ttabel maka hipotesis ditolak, (4) pada pengujian hipotesis keempat menggunakan teknik analisis varian dua jalan diperoleh Fhitung 0,69 dan Ftabel 2,911 menunjukan bahwa Fhitung Ftable then the hypothesis is accepted, (2) the hypothesis testing both using the formula t-test two independent samples obtained tcount 2.245 ttable 2,080 shows that tcount > ttable hypothesis accepted, (3) in the third hypothesis testing using t-test formula two independent samples obtained tcount -2.133 and ttable 2.10 shows that tcount < ttable then the hypothesis is rejected, (4) in the fourth hypothesis testing using two-way analysis of variance formula obtained Fcount 0.69 and 2,911 Ftable shows that Fcount < Ftable then the hypothesis is rejected, which means there are no interaction between the learning model with the capability of beginning students. Keywords: ability early, learning outcomes, QSH, TSTS.