?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENERAPAN+MODEL+INKUIRI+TERBIMBING+UNTUK%0D%0AMENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL%0D%0ABELAJAR+MATA+PELAJARAN+IPA%0D%0A(PTK+pada+siswa+Kelas+VII+di+SMP+PGRI+2+Braja+Selebah+T.P.+2012%2F2013)&rft.creator=Tukino+(Alm)%2C+Fatma+Dwi+Hartini&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QH301+Biology&rft.description=Rendahnya+aktivitas+dan+hasil+belajar+biologi+siswa+pada+mata+pelajaran+IPA+merupakan+indikasi+bahwa+proses+pembelajaran+yang+dilakukan+selama+ini+belum+optimal.+Hal+ini+dilihat+dari+hasil+belajar+IPA+siswa+SMP+PGRI+2+Braja+Selebah+kelas+VII+masih+rendah.+Rata-rata+hasil+belajar+siswa+adalah+64+%25+dari+25+siswa+belum+mencapai+nilai+KKM+%E2%89%A5+65.+Tujuan+penelitian+ini+adalah+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+IPA+siswa+pada+sub+materi+peran+manusia+dalam+pengelolaan+lingkungan+untuk+mengatasi+pencemaran+dan+kerusakan+lingkungan.%0D%0APenelitian+ini+adalah+jenis+penelitian+tindakan+kelas+yang+berkalaboratif%2C+dilakukan+sebanyak+3+siklus%2C+siklus+I+terdiri+atas+3+kali+pertemuan%2C+siklus+II+dan+III+terdiri+atas+2+kali+pertemuan.+Model+pembelajaran+yang+digunakan+adalah+model+inkuiri+terbimbing.+Data+yang+ditampilkan+adalah+aktivitas+yang+terdiri+atas+%3A+bertanya+pada+teman%2C+menjawab+pertanyaan%2C+mengisi+LKS%2C+memperhatikan+penjelasan+guru%2C+dan+melakukan+kegiatan+diskusi.+Data+hasil+belajar+diperoleh+dari+tes+formatif.+Data+dianalisis+dengan+secara+diskriptif+.%0D%0Aii%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+rata-rata+aktivitas+belajar+dari+siklus-+kesiklus+mengalami+peningkatan%2C+hasil+aktivitas+belajar+siswa+yang+tertinggi+pada+siklus+III+sebesar+88%25+indikator+sangat+tinggi+pada+kegiatan+mengisi+LKS+yaitu+91%25+dengan+kriteria+sangat+tinggi%2C+pada+siklus+ini+siswa+sangat+antusias+mengerjakan+dan+melengkapi+lembar+kerja+siswa.+Sedangkan+yang+terendah+pada+siklus+I+sebesar+61%25+indikator+terendah+pada+bertanya+pada+teman+dan+menjawab+pertanyaan+28%25+dengan+kriteria+rendah%2C+pada+siklus+I+kebanyakan+siswa+tidak+mempunyai+keberanian+dan+takut+salah+serta+siswa+belum+terbiasa+belajar+mengunakan+model+inkuiri+terbimbing.+Sedangkan+nilai+rata-rata+hasil+belajar+IPA+siswa+pada+siklus+I+sebesar+58%2C+siswa+tuntas+(48%25)+siklus+II+sebesar+64+siswa+tuntas+(60%25)+dan+siklus+III+sebesar+72+siswa+tuntas+(84%25)+.+Dengan+persentase+siswa+tuntas+belajar+pada+pra+PTK+45+%25+.+Kesimpulan+penelitian+ini+menunjukkan+dengan+penerapan+model+inkuiri+terbimbing+ada+peningkatan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+kelas+VII+semester+ganjil+T.P.+2012-2013+pada+materi+peran+manusia+dalam+pengelolaan+lingkungan+untuk+mengatasi+pencemaran+dan+kerusakan+lingkungan.%0D%0AKata+kunci%3A+aktivitas+belajar%2C+hasil+belajar%2C+dan+model+inkuiri+terbimbing%2C+IPA.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2014-06-15&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2348%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2348%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2348%2F3%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2348%2F4%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2348%2F5%2FHALAMAN%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2348%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2348%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2348%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2348%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2348%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2348%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2348%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Tukino+(Alm)%2C+Fatma+Dwi+Hartini++(2014)+PENERAPAN+MODEL+INKUIRI+TERBIMBING+UNTUK+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+MATA+PELAJARAN+IPA+(PTK+pada+siswa+Kelas+VII+di+SMP+PGRI+2+Braja+Selebah+T.P.+2012%2F2013).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2348%2F