%A 1213041079 SELLA DESTRIANI PUTRI %T PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VII MTs NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 %X Penelitian ini mengambil rumusan masalah yang terdapat pada bab I yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pada kegiatan pembelajaran menulis teks eksposisi di MTs Negeri 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kegiatan pembelajaran siswa kelas VII MTs Negeri 1 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan dalam pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran, guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan komponen-komponen RPP pada Kurikulum 2013. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas, yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa. Aktivitas yang dilakukan guru meliputi tiga tahap kegiatan, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. Pada kegiatan inti terjadi aktivitas siswa yang meliputi (1) aktivitas mengamati, (2) aktivitas menanya, (3) aktivitas mencoba, (4) aktivitas menalar, dan (5) aktivitas mengomunikasikan. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap dengan teknik observasi langsung, penilaian kompetensi pengetahuan dengan teknik tes tulis dan tes lisan, dan penilaian kompetensi keterampilan dengan teknik tes praktik. Kata kunci: Pembelajaran, Menulis, Teks Eksposisi %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints23481