TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG BANDAR LAMPUNG ID - eprints23487 UR - http://digilib.unila.ac.id/23487/ A1 - AYU AGUSTINA, 1116031022 Y1 - 2016/06/23/ N2 - ABSTRAK Path merupakan media sosial baru yang muncul pada bulan November 2010, kemudian mulai booming pada tahun 2013, dan banyak digandrungi oleh para remaja. Setiap orang bisa dengan mudah berkomunikasi dan berbagi dengan media sosial. Namun ada satu fenomena unik yang bisa diamati disini, yaitu kebebasan berbicara. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pemahaman etika dalam penggunaan media sosial Path dikalangan mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa tentang etika dan penerapannya dalam bermedia sosial Path. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan landasan Computer Mediated Communication Theory (CMC). Pengumpulan data tentang pemahaman dan penerapan etika dalam penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara secara mendalam, serta mengamati dan memperhatikan mahasiswa yang diteliti dalam menggunakan media sosial Path. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa masih ada mahasiswa yang tidak mengetahui tentang aturan dan etika dalam menggunakan media sosial Path. Meskipun demikian, semua mahasiswa menyadari pentingnya memahami dan menerapkan etika dan aturan dalam mengakses media sosial Path. Kata Kunci : Media sosial, Etika Berinternet, Path, Computer Mediated Communication Theory (CMC). ABSTRACT Path is a new social media which appeared in November 2010, then began to boom in 2013, and much loved by the teenagers. Everyone can easily communicate and share with social media. But there is a unique phenomenon that can be observed here, that is freedom of speech. The problems in this study is how the understanding of ethics in the use of social media Path among college students. The purpose of this study was to determine the level of students' understanding and determine how the application of ethics in using the social media Path. This study used descriptive qualitative method, by using the theoretical foundation Theory Computer Mediated Communication (CMC). Collection of data on comprehension and implementation of ethics in research was conducted by in-depth interviews, as well as observe and noticed students who studied in using social media Path. The results of this study found that there are students who did?nt know about the rules and ethics in using social media Path. However, all of the students realize the importance of understanding and applying the ethics and rules in accessing social media Path. Keywords: Social Media, Internet Ethics, Path, Computer Mediated Communication Theory (CMC) PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK TI - ANALISIS ETIKA DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PATH (Studi Kasus Pada Mahasiswa STMIK Perguruan Tinggi Teknokrat Lampung) AV - restricted ER -