?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+SISWA%0D%0A(Kuasi+Eksperimen+Pada+Siswa+Kelas+VII+Semester+Genap+SMP+N+26+Bandar+Lampung+Tahun+Pelajaran+2012%2F2013+Materi+Pokok+Pengelolaan+Lingkungan)&rft.creator=Zaid+Husein%2C+FERTIKA+DWI+YOSWITA&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QH301+Biology&rft.description=Hasil+observasi+di+kelas+VII+SMP+Negeri+26+Bandar+Lampung%2C+diketahui+bahwa+hasil+belajar+siswa+masih+rendah.+Oleh+karena+itu%2C+diperlukan+solusi+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+kemampuan+berpikir+kritis+siswa%2C+salah+satunya+dengan+menggunakan+model+PBL.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+model+pembelajaran+PBL+terhadap+kemampuan+berpikir+kritis+siswa.%0D%0APenelitian+ini+merupakan+kuasi+eksperimental+dengan+desain+pretes+postes+non-equivalen.+Sampel+penelitian+adalah+siswa+kelas+VII+E+dan+VII+F+yang+dipilih+dari+populasi+secara+cluster+random+sampling.+Data+penelitian+ini+berupa+data+kuantitatif+dan+kualitatif.+Data+kuantitatif+berupa+data+kemampuan+berpikir+kritis+siswa+yang+diperoleh+dari+rata-rata+nilai+pretes%2C+postes+dan+N-gain+yang+dianalisis+secara+statistik+menggunakan+uji+Mann-Withney+U+melalui+bantuan+program+SPSS+17.+Data+kualitatif+berupa+aktivitas+belajar+siswa%2C+dan+angket+tanggapan+siswa+terhadap+penggunaan+model+PBL+yang+dianalisis+secara+deskriptif.%0D%0AHasil+aktivitas+belajar+siswa+rata-rata+berkriteria+tinggi.+Pada+aspek+bekerjasama+dengan+teman+(82%2C35%25)%3B+melakukan+kegiatan+diskusi+(76%2C96%25)%3B+mempresentasikan+hasil+diskusi+kelompok+(87%2C75%25).+Hasil+kemampuan+berpikir+kritis+juga+mengalami+peningkatan+dengan+rata-rata+nilai+pretes+(53%2C38%25)%3B+postes+(68%2C88%25)%3B+N-gain+(32%2C57%25).+Selain+itu%2C+semua+siswa+memberikan+tanggapan+positif+terhadap+penggunaan+model+PBL.+Dengan+demikian+dapat+disimpulkan+bahwa+model+PBL+berpengaruh+signifikan+terhadap+kemampuan+berpikir+kritis+siswa.%0D%0AKata+kunci+%3A+aktivitas+belajar+siswa%2C+kemampuan+berpikir+kritis%2C+pengelolaan+lingkungan%2C+Problem+Based+Learning.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2014-04-17&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2349%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2349%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2349%2F3%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2349%2F4%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2349%2F5%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2349%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2349%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2349%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2349%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2349%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2349%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2349%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Zaid+Husein%2C+FERTIKA+DWI+YOSWITA++(2014)+PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+SISWA+(Kuasi+Eksperimen+Pada+Siswa+Kelas+VII+Semester+Genap+SMP+N+26+Bandar+Lampung+Tahun+Pelajaran+2012%2F2013+Materi+Pokok+Pengelolaan+Lingkungan).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2349%2F