%A 1213054022 DINDA RESTYA %T HUBUNGAN PERMAINAN TRADISIONAL DENGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN DI TK AFTIHU JANNAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG %X ABSTRAK Masalah pada penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan masih rendah pada kelas B1 TK Aftihu Jannah Sukarame Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya hubungan permainan tradisional dengan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 21 orang siswa yaitu seluruh siswa pada kelas B1. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dengan daftar check list. Analisis data menggunakan jenis korelasi spearman rank yang diperoleh 0,87. Hasil penelitian ini berarti ada hubungan yang positif dan signifikan antara permainan tradisional dengan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan. kata kunci: permainan tradisional, kognitif, konsep bilangan ABSTRACT The problem of this research is the children cognitive skills know the concept of numbers is still low at class B1 TK Aftihu Jannah Sukarame Bandar Lampung. The purpose of this research is to know the correlation between the traditional game with cognitive skills of children in the familiar with the concept of numbers to the children of 4-5 years old. This research using the quantitative metode with the correlational aproachment. The total sample of this research are 21 students that all the students are class B1. The data collection technique at this research using observation and documentation. The research instrument using a sheet observations with a list of check list. The data analysist using type of correlation spearman rank who got 0,87. The result of this research means that there are correlation the correlation between the traditional game with cognitive skills of children in the familiar with the concept of numbers. Keywords: traditional game, cognitive, the numbers concept %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %I fFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints23494