%0 Generic %A OKI VANZELEN , 0916021010 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:23511 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T STRATEGI KAMPANYE KEPALA DESA TERPILIH DESA DANAU RATA TAHUN 2013 (Studi Pada Kepala Desa Terpilih Siswanto di Desa Danau Rata Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan) %U http://digilib.unila.ac.id/23511/ %X Citra diri Kepala Desa Terpilih Siswanto yang pernah mendapatkan hukuman pidana tidak menjadi halangan untuk memenangkan pilkades Desa Danau Rata tahun 2013. Hal ini yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini dengan memperhatikan strategi kampanye yang dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi kampanye Kepala Desa terpilih Siswanto pada pilkades Desa Danau Rata Tahun 2013. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Jenis data ada dua yaitu data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan data sekunder yaitu data tambahan berupa data hasil dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kampanye Kepala Desa terpilih Siswanto untuk memenangkan pilkades terdapat lima tahapan yaitu, pertama tahap Identifikasi atau penciptaan identitas dengan menggunakan slogan “mudah untuk diminta pertolongan” melalui media stiker. Kedua, tahap Legitimasi yaitu dengan memperoleh dukungan yang kuat dari masyarakat seperti ibu-ibu pengajian dan pemuda-pemudi. Ketiga, tahap Partisipasi yaitu dengan melibatkan masyarakat langsung dalam pemasangan stiker dan poster di rumah masingmasing. Keempat, tahap Penetrasi dengan produk politik kampanye berupa program pembangunan berkelanjutan untuk Desa Danau Rata. Kelima, tahap Distribusi atau tahap dimana pembuktian janji politik Kepala Desa terpilih Siswanto berupa pembangunan Poskesdes, Taman Kanak-kanak dan Jalan setapak. Kata kunci : Kepala Desa, Strategi Kampanye abstract Self-image Elected Village Head Siswanto ever getting a criminal conviction is not an obstacle to winning the elections and the village of Lake Rata 2013. This is the background of this study with regard strategies the campaign. The purpose of this study to determine campaign strategy Siswanto elected village chief in the elections and the village of Lake Rata 2013. This research method using descriptive qualitative method. There are two types of data are primary data obtained from interviews and secondary data, additional data results data in the form of documentation. These results indicate that strategy was elected village chief Siswanto campaign to win the elections and that there are five stages, the first stage of identification or identity creation by using the slogan "easy to be asked for help" through the media sticker. Second, the legitimacy of the stage is to obtain strong support from society as mothers, and youth study. The third stage is to involve community participation directly in the installation of stickers and posters in their homes. Fourth, the stage of product penetration with political campaigns such as sustainable development program for the Village of Lake Avg. Fifth, the distribution stage or phase where evidence of political appointments elected village chief Siswanto form Poskesdes development, kindergarten and walkways. Keywords: Village Head, Strategy Campaign.