@misc{eprints23519, month = {April}, title = {PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SDN 3 SUBAN KECAMATAN MERBAU MATARAM KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016}, author = { (1413093021) LINDA PUSPITA SARI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2016}, url = {http://digilib.unila.ac.id/23519/}, abstract = {ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN 3 Suban Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS menggunakan model pembelajaran Jigsaw di kelas IV SDN 3 Suban Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini pada siklus I terdapat 14 orang siswa yang aktif dalam pembelajaran dengan persentase keaktifan siswa mencapai 70\% siswa yang aktif. Pada siklus II terdapat 16 orang siswa yang aktif dengan persentase keaktifan siswa mencapai 80\% siswa yang aktif. Pada siklus III terdapat 18 orang siswa yang aktif dengan persentase keaktifan siswa mencapai 90\% siswa yang aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 15 orang siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan siswa mencapai 75\% siswa yang telah tuntas belajar. Pada siklus II terdapat 17 siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 85\% siswa yang telah tuntas belajar. Pada siklus III terdapat 19 orang siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 95\% siswa. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, model pembelajaran Jigsaw } }