TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints23519 UR - http://digilib.unila.ac.id/23519/ A1 - LINDA PUSPITA SARI, (1413093021) Y1 - 2016/04/26/ N2 - ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN 3 Suban Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS menggunakan model pembelajaran Jigsaw di kelas IV SDN 3 Suban Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini pada siklus I terdapat 14 orang siswa yang aktif dalam pembelajaran dengan persentase keaktifan siswa mencapai 70% siswa yang aktif. Pada siklus II terdapat 16 orang siswa yang aktif dengan persentase keaktifan siswa mencapai 80% siswa yang aktif. Pada siklus III terdapat 18 orang siswa yang aktif dengan persentase keaktifan siswa mencapai 90% siswa yang aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 15 orang siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan siswa mencapai 75% siswa yang telah tuntas belajar. Pada siklus II terdapat 17 siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 85% siswa yang telah tuntas belajar. Pada siklus III terdapat 19 orang siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 95% siswa. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, model pembelajaran Jigsaw PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SDN 3 SUBAN KECAMATAN MERBAU MATARAM KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -