%0 Generic %A MUTHIA LARASWATI , 1213032091 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:23533 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI DI SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 %U http://digilib.unila.ac.id/23533/ %X ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan program pendidikan inklusi di SMP Negeri 14 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, Siswa, dan Masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan uji kredibilitas dengan kritik sumber, kritik intern dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan pendidikan inklusi di SMPN 14 Bandar Lampung belum berjalan secara optimal, masalah yang dihadapi baik dari manajemen pembelajaran seperti pengelolaan penerimaan peserta didik, perancanngan kurikulum, pengadaaan dan pembinaan tenaga pendidik, pengadaan dan pengelolaan sarana prasarana, pembiayaan, serta lingkungan hubungan sekolah dan masyarakat. Semua unsur yang mendukung terlaksananya pendidikan inklusi sangat diperlukan agar sistem berjalan dengan baik. Kata kunci : pendidikan, inklusi, anak berkebutuhan khusus