%0 Generic %A Elvi Riali, (1211031027) %C FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %D 2016 %F eprints:23554 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGARUH STRUKTUR MODAL, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEPEMILIKAN ASING, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AGENCY COST. %U http://digilib.unila.ac.id/23554/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor–faktor yang mempengaruhi agency cost pada perusahaan manufaktur sektor industri konsumsi. Faktor–faktor yang diteliti adalah struktur modal, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan asing dan ukuran perusahaan. Penelitian dilakukan pada perusahaan manufaktur sektor industri konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dan diperoleh 35 perusahaan manufaktur sektor industri konsumsi. Data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu laporan keuangan perusahaan pada tahun 2012-2014. Hasil penelitian menunjukan bahwa struktur modal dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap agency cost, sedangkan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan kepemilikan asing tidak berpengaruh terhadap agency cost. Kata Kunci : agency cost, struktur modal, kepemilikan maanjerial, kepemilikan institusional, kepemilikan asing, dan ukuran perusahaan. abstract This study aims to analizing the influenced factors of agency cost on manufactured company in consumption industry sector. There are equity structure, managerial ownership, institution ownership, foreign ownership, and company size. The subject of this study are the consumption industry sector companies listed on Indonesia Stock Exchange year 2012-2014. The sampling method is purposive sampling and there are 35 manufactured company in consumption industry sector. This study used secunder data, that is company’s financial statement year 2012-2014. The result of this study shows that equity structure and company size is significant to agency cost, meanwhile managerial ownership, institution ownership, and foreign ownership is not influencing the agency cost. Keyword : agency cost, equity structure, managerial ownership, institution ownership, foreign ownership, and company size.