%0 Generic %A HENDRA YULIANTO, - %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:2356 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT MAPPING DAN MAKE A MATCH DENGAN MEMPERHATIKAN BENTUK SOAL MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X MA MA’ARIF 9 KOTAGAJAH %U http://digilib.unila.ac.id/2356/ %X Berdasarkaan hasil observasi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah (MA) Ma’arif 9 Kotagajah diperoleh gambaran tentang rendahnya hasil belajar dan kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran ekonomi. Dalam aktivitas belajar siswa masih menjadi pihak yang pasif dan hanya menerima informasi dari guru tanpa ada inisiatif mencari dan menambah wawasan dari sumber belajar lainnya. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan upaya dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Concept Mapping (CM) dan Make a Match (MaM) dengan memperhatikan bentuk soal (esai dan pilihan ganda) sebagai variabel moderatornya. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen semu, desain penelitiannya adalah faktorial 2x2. Populasi penelitian berjumlah 116 siswa kelas X MA Ma’arif 9 Kotagajah, sedangkan sampelnya adalah 2 kelas (58 orang) yang diambil melalui teknik clucter random sampling dan diberikan perlakuan yang berbeda. Data yang diperlukan diperoleh melalui pemberian tes hasil belajar dengan dua bentuk soal esai dan pilihan ganda. Soal yang dites sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan untuk pengujian hipotesis digunakan Analisis Varians Dua Jalan dan T-test Dua Sampel Independent. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Concept Mapping dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dalam mata pelajaran ekonomi. Kedua model pembelajaran ini diterapkan di kelas yang berbeda. Model pembelajaran Concept Mapping pada kelas eksperimen dan Make a Match pada kelas kontrol.