title: PERBANDINGAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ( PELAJARAN IPS TERPADU KELAS IX SMP NEGERI 3 JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 creator: DEBBY PUSPARANI, 1213034019 subject: G Geography (General) subject: LB Theory and practice of education description: ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dan belum digunakannya model pembelajaran yang bervariasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IX. Penentuan subjek penelitian dilakukan secara acak sehingga terpilih kelas IX A diajar menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dan kelas IX B menggunakan model pembelajaran Cooperative tipe STAD. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar IPS Terpadu. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data penelitian adalah Program Micsoft Excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kata Kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, Quantum Teaching, Cooperative tipe Student Team Achievement Division ABSTRACT The problems in this research are the students’ low activity and achievement, and there is no various learning model in learning process. Therefore, this research aims at finding out: th grade of SMPN 3 Jati Agung. This research employs quasy-experimental designs. The subject of the research is all students of 9 th grade chosen randomly. Thus, IX A class was taught through Quantum Teaching learning model while IX B was taught through Cooperative type STAD learning model. The data collecting technique employed in this research is observation sheet to observe the students’ learning activity and their achievement in Social Studies. The software used to analyze the data was Microsoft Excel 2007. The result of the research shows that: Key words: students’ learning activity, achievement, Quantum Teaching, Cooperative type Student Team Achievement Division ( publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2016-07-20 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/23601/1/ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/23601/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/23601/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: DEBBY PUSPARANI, 1213034019 (2016) PERBANDINGAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ( PELAJARAN IPS TERPADU KELAS IX SMP NEGERI 3 JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/23601/