TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints23606 UR - http://digilib.unila.ac.id/23606/ A1 - ENI ERMIATI , 1313072006 Y1 - 2016/08/18/ N2 - ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengalisis perencanaan, pelaksanaan, dan sikap toleransi siswa melalui penggunaan metode pembelajaran bermain peran pada mata pelajaran PPKn siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Tegineneng Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian (1) rencana pembelajaran yang disusun oleh guru relevan dengan kelengkapan dokumen SK, KD, indikator, materi, kegiatan pembelajaran, dan penilaian, (2) proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran bermain peran dapat meningkatakkan sikap toleransi siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa aktif dalam mendengarakan penjelasan guru, mengerjakan tugas, mengajukan pertanyaan, menjawab dan berpendapat, bekerjasama dalam diskusi, mendengarkan pendapat kelompok lain, dan memerankan tokoh serta berani mengemukakan pendapat di muka umum. Pada siklus I perolehan data pada siklus I sebesar 51,25% dan meningkat pada siklus II sebesar 76,25%. Dengan demikian, penerapan metode pembelajaran bermain peran tidak hanya dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Selain itu, guru dapat meningkatkan penanaman nilai-nilai melalui proses pembelajaran kedalam diri siswa khususnya nilai sikap toleransi, dan siswa dapat menjadi pribadi yang lebih baik, dan tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga dapat menerapkan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari. Kata kunci : kemerdekaan mengemukakan pendapat, model pembelajaran bermain peran, sikap toleransi PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN PADA MATERI KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI SISWA DI KELAS VII A SMP NEGERI 1 TEGINENENG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -