%0 Generic %A TRI PUJI , 1313072006 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:23608 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIALOG MENDALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMP NEGERI 1 TEGINENENGTAHUN PELAJARAN 2015/2016 %U http://digilib.unila.ac.id/23608/ %X ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perencanaan, pelakasaan, dan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan pembelajaran dialog mendalam pada mata pelajaran PPKn materi di SMP Negeri 1 Tegineneng. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan tahapan Planning, Acting, Observasi dan Reflecting.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil peneltian pada Siklus I menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran 47% dengan kategori cukup baik, kemampuan guru dalam mengelola kelas 67% dengan kategori cukup baik, dan kemampuan berpikir kritis siswa hanya mencapai 25% dengan kategori kurang. Siklus II menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam perencaan pembelajaran 72% dengan kategori baik, kemampuan guru dalam mengelola kelas 78% dengan kategori baik, dan kemampuan berpikir kritis siswa hanya mencapai 70% dengan kategori cukup baik. Kata kunci : model pembelajaran dialog mendalam, kemampuan berpikir kritis